Standar Minimum Manajemen Kasus HIV dan AIDS

 

 

A.  Kegiatan Manajemen kasus meliputi 5 kunci sbb:

1) penilaian klien yang komprehensif

2) pengembangan rencana pelayanan secara individual

3) koordinasi pelayanan untuk menerapkan rencana pelayanan

4) monitoring/pengamatan klien untuk menilai keberhasilan rencana

5) evaluasi ulang dan revisi secara periodik rencana selama kehidupan klien.

B. Para petugas manager kasus sudah mengikuti pelatihan lengkap tentang proses dan kegiatan penanganan kasus HIV/AIDS.

C.  Ada sistem di tempat untuk supervisi para petugas manajer kasus.

D.  Para petugas manajer kasus mengikuti semua kebijakan dan prosedur yang berhubungan dengan rahasia, data dan infomasi klien.

E. Layanan manajemen kasus disediakan terbuka untuk semua orang yang layak dipilih untuk pelayanan.

F. Proses penerimaan dan penilaian kebutuhan klien  dimulai dalam 5 hari oleh klien ke petugas manager kasus.

G.  Rencana pelayanan individual diselesaikan dalam 15 hari dari rujukan petugas manager kasus kepada klien.

H.  Petugas manager kasus harus menyediakan  pilihan kepada klien untuk layanan yang tersedia, jika memungkinkan.

I.  Petugas manager kasus secara rutin mengupdated daftar layanan  yang berkesinambungan untuk para klien HIV/AIDS.

J.  Petugas manager kasus bertanggungjawab memastikan bahwa klien menerima layanan yang diharapkan dan layanan ini masih sesuai untuk menemukan kebutuhan klien sesuai dokumentasi/data rencana layanan individual.

K.  Rencana layanan individu harus diperbaharui setiap 6 bulan.

L.  Jika klien berpindah ke petugas manajer kasus yang baru, arsip klien  disediakan untuk petugas manajer kasus yang baru.

M.  Tersedia dokumentasi di asrsip klien tentang pengakhiran, pengalihan atau pemberhentian kasus.

N.  Petugas manager kasus harus mengkoordinasi pelayanan dengan petugas manager kasus yang lain dan  pelayanan yang lain.

O.  Petugas manager kasus harus mengamati ulang, memutuskan dan mencatat jumlah kasus sesuai dengan status kasus dan tingkat aktifitas dari kebutuhan klien dan diperbaharui setiap 6 bulan.

P.  Petugas manajer kasus secara rutin memiliki akses untuk informasi terbaru menyangkut sumber-sumber komunitas.

Q.  Ada mekanisme di tempat untuk mendapatkan tanggapan balik klien sesuai dengan kualitas layanan dari petugas manager kasus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s