Terapi HIV Jangka Panjang Dapat Menimbulkan Masalah Oftalmologik


Studi yang dilakukan oleh Tim peneliti dari University of Texas, Southwestern Medical Centre, Dallas, Menunjukan bahwa ART ( Anti Retro Viral Therapy ) jangka panjang untuk HIV-1, dapat menyebabkan timbulnya Oftalmoplegia eksternal.

Dr, Dolores M. Peterson yang memimpin studi ini menyatakan bahwa bukti bukti menunjukan bahwa ptosis ( Mata belok) cenderung bersifat miogenik ( gangguan fungsi otot), dan bukan bersifat involusional.

Studi ini juga menunjukan bahwa ptosis didahului oleh lipodistrofi ( penumpukan lemak yang tidak beraturan ) berat dengan peribahan mitologi tubuh, termasuk lipodistrofi dan akumulasi lemak pada ke-5 pasien tersebut. baik ART nya terdiri dengan analog timidin atau penghambat protease.

Median usia saat gejala timbul adalah 50 tahun, dengan median waktu saat diagnosis HIV adalah 11,5 tahun, dan median ART adalah 7/8 tahun. Median waktu saat timbulnya lipodistrofi adalah 4,7 tahun, dan sejak timbulnya ptosis adalah 0,4 tahun. Median lamanya pemantauan untuk ptosis adalah 1,8 tahun.

Dua pasien menunjukan Oftalmoplagia eksternal di samping ptosis. Neuropati sensorik Ferifer ( gangguan syaraf tepi) juga mendahului ptosis pada 4 kasus, gangguan konduksi kardiak disertai ptosis pada 3 kasus dan 1 kasus dengan ensepalopati ( gangguan pada otak).

Para Peneliti menganjurkan bahwa dokter perlu waspada terhadap potensi efek samping akibat pengobatan HIV, dan siaga terhadap potensi komplikasi akibat ptosis miopatik lain, seperti kelemahan proksimal, disfagia ( susah menelan), tuli, neuropati ( Syaraf), dan gangguan kondisi kardiak ( Gangguan jantung).

Dikatakan dalam Studi ini tidak memungkinkan para peneliti memperkirakan berapa besar prevalensi kedua efek samping tersebut, atau sub kelompok pasien dengan HIV yang mendapat ART jangka panjang mana yang paling sering terkena.

( Clinical   Infectious Diseases, 47;845-852)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s