IMG_20121031_221040

Kesehatan Seksual Lelaki


Organ seksual tidak hanya terbatas pada alat kelamin. Ia terdiri atas semua organ yang mampu mendatangkan kepuasan dan kenikmatan seksual.

Mulai dari kening, sampai mata kaki, selagi bisa menjadi Objek dan subjek dari usaha pemuasan kebutuhan seksual, organ tersebut layak disebut sebagai organ seksual. Untuk itu harus dijaga kesehatan nya agar kepuasan seksual bisa dicapai secara maksimal.

Pemahaman dalam masyarakat tradisionil dan konvensional yang menilai organ seksual hanya terbatas pada alat kelamin saja menjadikan eksplorasi seksual menjadi terbatas dan akibatnya tentu saja terbatas juga kenikmatan seksual yang di peroleh.

Saat ini, seksualitas lelaki yang sangat terbuka baik dari sisi orientasi seksual maupun penikmatan seksual mendatangkan banyak masalah bagi lelaki. Untuk itu perlu usaha yang significan untuk menjaga kesehatan seksual agar bisa menjalani kehidupan seksual yang sehat dan menyenangkan.

Berikut ini, beberapa tips untuk menjaga kesehatan seksual bagi lelaki:

  1. Kenali orientasi seks mu, dan berusahalah mengexplorasi nya. Memaksakan diri untuk melakukan sesuatu jika bukan yang anda ingini maka akan menyebabkan gangguan secara psikis dan dapat menyebabkan depresi dan impotensi.
  2. Cuci dan bersihkan organ-organ seksual atau yang biasanya anda gunakan saat berhubungan seksual. Adakala anda harus memperhatikan kebersihan jempol kaki anda jika  anda suka pasangan  menjilati nya . Jika lelaki yang tidak sunat perlu mempersihkan kulup penis bagian dalam. Bagi yang suka anal seks, perlu di perhatikan kebersihan anus, sebelum dan sesudah berhubungan seksual , melakukan aktivitas olahraga atau sesudah buang air besar atau kecil.
  3. Gunakan celana Dalam dan singlet yang bersih . Dalaman yang kotor akan memudahkan bakteri dan jamur berkembang biak. Mendatangkan rasa gatal dan penyakit yang akan merusak organ seksual anda.
  4. Biasakan mengeringkan semua organ seksual anda dengan sempurna sebelum memakai pakaian. Sisa air setelah mandi akan membuat pakaian yang anda pakai menjadi lembab dan bisa mengundang kuman penyakit untuk bersarang.
  5. Jaga Suhu di sekitar organ seksual anda terutama di daerah penis. Suhu yang terlalu panas akan membaut produksi sperma jadi terganggu. Suhu yang terlalu panas akan membuat organ anda berkeringat dan menghasilkan bau yang tak sedap. Jauhi benda-benda yang bersifat panas di sekitar alat kelamin anda, misal nya laptop.
  6. Jangan memakai celana dalam dan Pakaian yang terlalu sempit dan tidak elastis akan membuat organ seksual anda lecet dan peredaran darah di sekitar organ seksual akan terganggu. Biasakan untuk anak-anak di masa pertumbuhan untuk memakai celana dalam yang longgar agar pertumbuhan penis nya maksimal.
  7. Cukur rambut di organ seksual secara teratur. Kutu bayur dan jamur cenderung akan lebih cepat berkembang dirambut kelamin yang terlalu lebat, tetapi perlu diingat, jangan mencukur rambut terlalu plontos , sebab bisa menghilangkan bakteri yang baik dan berguna.
  8. Jauhi ancaman yang berbahaya. Misalnya sinar Rontgen, hanya boleh dilakukan dalam tengat 6 bulan. Jauhi juga organ seksual anda dari binatang-binatang yang berbisa dan bertaring.
  9. Gunakan selalu kondom dan pelumas dalam berhubungan seksual, untuk melindungi organ seksual anda dari infeksi menular seksual dan lainnya. Gunakan pelumas yang berbahan dasar air agar tidak merusak kondom dan anda lebih bisa menikmati hubungan seksual.
  10. Hindari Alkhohol dan rokok. Alkhohol dan rokok bisa menyebabkan impotensi dan kesehatan/ kesejahteraan seksual anda terganggu. Nikotin dalam rokok dan kandungan etil alkhohol mampu menimbulkan kanker di organ seksual anda yang vital.
  11. Berganti-ganti pasangan akan membuat semakin tinggi resiko anda terserang penyakit menular seksual dan lainnya. Setia pada satu pasangan yang juga setia pada anda akan menjauhkan anda dari resiko tertular Infeksi Menular Seksual.
  12. Jaga kebugaran Organ seksual anda dengan makanan yang bernutrisi bagus dan olahraga secara teratur. Tubuh yang sehat dan bugar akan menghasilkan kepuasan seksual yang lebih maksimal.

2 comments on “Kesehatan Seksual Lelaki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s