Moga Esok Akan lebih Sehat


Menyebalkan …

Hanya satu kata itu yang terlintas di benakku ketika aku mengetahui kuman merugikan di tubuhku ternyata telah kebal terhadap obat biasa …

Kini aku harus beralih pada sebuah resiko dan berbagai pilihan ..

HIDUP ATAU MATI ??

MENUNDA MIMPI ATAU MENINGGALKAN MIMPI ??

MAJU ATAU MUNDUR ??

Dan berbagai macam pilihan lainnya ..

Aku memutuskan untuk hidup .

Aku ingin menunda mimpi agar kelak bisa meraihnya.

Aku juga ingin maju.

Mana mungkin aku menyerah begitu saja setelah aku harus berhenti kuliah …

Terlebih lagi aku harus meninggalkan teman-teman ku di kampus,meninggalkan sahabatku, teman satu organisasi ..

Ditambah harus meninggalkan kakak-kakak kelasku yang ganteng-ganteng ..

OH TIDAAAKK !!!

Penyakit seperti ini adalah penyakit yang ringan ….

Efek obat adalah masalah yang kecil..

Karena yang besar, paling besar, dan Maha Besar adalah TUHAN !!

Hhhhh …

Itu adalah kesan pertamaku ketika hendak memasuki program TB MDR ..

Dan hari ini merupakan hari pertama aku harus menyentuh obat …

Oh My God …

Baru mendengar efek sampingnya aja udah takut banget ..

Apalagi ampe minum obat itu ??

Tapi aku harus konsisten ..harus punya sikap ..

Di hari pertama minum obat, aku menganggap ini sebuah tantangan ..

Aku menghadapinya dengan santai ….

Ku minum semua hingga masuk ke dalam saluran pencernaanku ..

Saat itu aku masih belum merasakan apapun setelah minum obat dan setelah suntik ..

Tapi ternyata…..???

Efeknya berasa ENAM jam setelah aku minum obat …

Kepala pusing ..

Dan itu benar-benar berasa berat ..kepalaku seperti tertarik oleh magnet ..

Seolah-olah hendak lepas dari kerangka kepalaku..

Badan pegel-pegel..

Berasa habis ngangkat pulau Kalimantan yang merupakan pulau terbesar di Indonesia..

Demam pula ..

Badan berasa lemas tak berdaya dan berasa dingin meski cuma kena angin sepoi-sepoi sesekali..

Duh.. ga tahan banget ..

Tapi penderitaan pertama belum selesai sampai di situ ..

Hari kedua di soka bawah,, lagi lagi harus minum obat..

Dengan sejuta efek samping yaaaannnngggg ……..

KURANG BERSAHABAT…

Lagi-lagi hal yang sama seperti hari pertama pun datang lagi tanpa diundang dan pergi tanpa pamitan…

Namun perbedaan antara hari pertama dan kedua terletak pada rasa di kulit …

Yup yup yup…

Kulitku GATAL-GATAL ….. T_T

Namun belum seberapa …

Dibanding dengan hari ketujuh …

Di hari ketujuh itu kulitku benar-benar gatal-gatal daaannnnn….

BERJERAWAT ….o_O

Lanjut lagi hari berganti hari ….

Efek samping datang silih berganti …

Gatal-gatal mulai hilang beberapa hari kemudian ..

Namun,aku malah SUSAH TIDUR …

Jadi kayak lagi jaga pos kamling…

Mata merem ga bisa tidur ..

Apalagi dengan mata terbuka …

Ckck

Setelah menginjak tiga minggu ..

Efek samping yang ada hanya sulit tidur di kala malam …

(Untung bukan sulit nafas )…

Dan pusing yang sangat-sangat mengganggu di siang hari …

Aduuh ampyuunn deehh …

Mungkin saat ini aku pusing karena terlalu banyak diam…

Lain kali aku lari-larian aja kali ya biar ga pusing ??

Kini satu bulan tepat …

Eng…ing….enngg …

Efek kali ini rada rada …..

Puyeng ampe malem dan ga bisa tidur …

Yaaahhh …..

Jadi kayak kelelawar …

Mungkin bisa gantian jadwal kerja ama batman lain waktu…(??)

Mata kicep-kicep..

Mulut menguap terus-menerus …

Ketika ku coba untuk tidur ….

TAARRRAAAA>>>

Tetep ga bisaa tidur …

Hooaaahhhmmm…

Kini mulai beranjak ke bulan kedua …

YEEAAAHH..

Ga ada pusing sampe malem,,

Ga ada gatel-gatel..

Belum ada mual-muntah berkepanjangan..

Hanya mual dan muntah sesekali..

Dan sempat terjadi sebanyak tiga kali..

Tapi kemudian mual muntah itu berlalu begitu saja..

Tapi ga bisa tidur malem tetep lanjut …

(Teuteup)

Dan hal inilah yang benar-benar paling mengganggu mental..

Mulai membayangkan indahnya masa lalu..

Seolah lupa dengan masa kini..

Berharap aku tak pernah terlahir..

Berharap dapat kuputar waktu.. (mimpi bangeett)

Berharap ….

Pokoknya mengharap yang aneh-aneh yang jelas-jelas ga mungkin terjadi..

Hhhh…

Tapi,, beruntung aku punya hati yang saat itu menyadarkanku…

Hatiku berkata ….

’hadapi takdirmu …

Kau jauh lebih kuat dari apapun bila kau percaya pada dirimu bahwa kau mampu..

Kau akan menjadi lebih kuat bila kau berusaha untuk maju..

Kau pernah terjatuh ..

Setiap orang pernah terjatuh..

Malulah pada dirimu jika kau hanya bisa berharap yang mustahil..

Keajaiban tak akan datang tiba-tiba..

Semua musibah dan kesenangan yang didapat setiap orang bukan datang dengan tiba-tiba…

Mereka berusaha..

Mereka yang bahagia telah menempuh takdir mereka yang berat..

Kini giliranmu..’

Aku pun tersadar …

Kalau semangat muda sudah luntur, bagaimana nasib bangsa selanjutnya ??

Ckck

Sejak saat itu..

Aku selalu berpikir..

Bukan bagaimana caranya untuk lari..

Juga bukan untuk cepat mengakhiri..

Tetapi…

Bagaimana caranya untuk bisa bertahan hingga hari esok..

Bagaimana caranya untuk bisa tetap maju..

Dan bagaimana caranya untuk bisa menjadi lebih baik dari hari kemarin…

Waahhhh …

Akhirnya setelah berpikir di bulan kedua ..

Aku benar-benar mendapat kekuatan yang amat sangat…

Hingga kini hampir masuk gerbang bulan ketiga..

Di sini aku merasa sangat bosan…

Entah kenapa..

Padahal,,efek yang aku rasa masih hanya tidak bisa tidur..

Mungkin karena tak bisa tidur aku jadi berkhayal lagi…

Aku mulai merasa down lagi seperti di bulan kedua..

Tapi kali ini berbeda..

Aku bukan berharap untuk mundur..

Tapi aku berharap…

Lebih baik aku mati saja …

Yaaa …

Yang kupikirkan saat di bulan ketiga ini,, aku hanya menginginkan satu hal..

MATI..

Lagi dan lagi pemikiran itu terus makin kuat..

Hingga aku tersadar ..

Jika aku mati,

Bagaimana dengan orang-orang yang akan bersedih ???

Jika aku mati,

Sia-sia aku meninggalkan kuliahku,

Meninggalkan sahabatku,

Bahkan aku pasti mengecewakan sahabatku yang mengharap kesembuhanku…

Sungguh bodoh aku mengharapkan kematian..

Aku sudah memilih untuk mengikuti program ini,

Dan berjanji akan berusaha untuk sembuh..

Sungguh pengecut bila aku memilih STOP sedang aku sudah menjalaninya sejauh ini..

Lagi-lagi…

Hari pun berganti.

Masuk bulan keempat..

Mual mulai terasa..

Muntah pun sudah aku alami..

(Awal aku muntah,, terjadi hanya tiga kali di awal bulan kedua..)

Tapi kini,,,

Hampir tiap weekend setelah sampai rumah,pasti mau muntah terus..

Kadang masih bisa ditahan..

Tapi kadang juga keluar begitu saja tanpa ada peringatan apapun..

Wow…

Menegangkan..

Sungguh sulit dikendalikan sebab bisa keluar mendadak tanpa peduli tempatnya..

Kini masuk akhir bulan keempat…

Kira-kira sekitar dua minggu terakhir di bulan keempat ini,

Aku mulai merasa mual setiap hari..

Untung di minggu kedua terakhir ini masih bisa ku tahan gejolak di dalam perutku ..

Tapi, entah sampai kapan aku bisa bertahan…

Wew…

We’ll see…

Inilah satu minggu terakhir di bulan keempat..

Dua hari berturut-turut, aku mual setengah jam setelah minum oabat dan muntah setiap satu jam setelah minum obat..

Beruntung obat ga keluar..

Memang obat ga keluar…

Tapi kronologi bagaimana terjadinya muntah, itu sungguh menyiksa..

Sebelum semua isi perutku meloncat keluar,

Setengah jam setelah aku meminum obat,

Di dalam perutku terasa seperti ada goncangan yang dahsyat..

Seperti pergerakan lempeng bumi yang bertabrakan…

Lalu bergesekan dan menimbulkan sebuah gelombang tsunami yang dahsyat…

Aww..

Itu sungguh tak menyenangkan..

Perutku terasa sakit seperti diremas-remas…

Namun dua hari setelahnyaaaaa ….????

Setelah hari kedua itu aku mampu menahan tsunami yang hendak keluar dari mulutku dengan cara tidur telungkup….

Aku sungguh merasa hebat saat mampu mengendalikan gejolak tersebut..

Hahahaha…

Awalnya aku pesimis kalau aku bisa meng-handle mual ini..

Tapi kemudian aku berusaha meyakinkan diriku bahwa aku kuat..

Aku mampu..

Dan aku pasti bisa..

Syukurlah sugesti yang aku beri pada diriku sendiri mampu bekerja dengan baik ..

**Kita akan menjadi seperti apa yang kita pikirkan..

Saat kita berpikir tidak mampu,,

Maka selamanya tak akan mampu…

Pikiran positif akan memberikan dampak positif bagi diri kita..

Dan kini baru saja memasuki bulan kelima..

Karena sebelumnya sudah ku katakan aku mual dan muntah,

Dokter memberikan obat mual yang bisa dibilang memang cukup manjur..

Dan tak ada rasa mual lagi juga tidak muntah setelah minum obat…

Tapi sepertinya pengaruh susah tidur masih belum akan hilang …

Hmmm…

Entah apa yang akan terjadi setelah iniii….

Yang jelas apapun yang akan terjadi,

Kita selalu punya pilihan..

Pilihan untuk maju…

Mundur, atau bahkan hanya diam di tempat dan menjadi penonton…

Yang penting tetap semangat dan memandang lurus ke depan….

Berjuang untuk terus maju…

Sebab hidup harus menjadi lebih baik dari hari kemarin..

Bukan berharap kembali ke hari kemarin…

HADAPI TAKDIRMU … ^_^

tulisan ini di muat atas persetujuan penulis seorang perempuan yang sedang berjuang meraih kedewasaan dan kesembuhan dari TB MDR di RS Persahabatan)

2 comments on “Moga Esok Akan lebih Sehat

  1. Smile🙂
    siapapun elo (krn gw gak kenal),yakinlah lw bakal sembuh😀
    apapun yg lw hadapi pasti ada jalan keluarnya,gw yakin bgd (seyakin gw,waktu gw tau klo gw ternyata cwok tulen,hihi) :p
    sehat bagi gw sama kayak mimpi,siapapun bisa lakuin dan siapapun bisa dapetin . Qt tinggal nunggu campur tangan Tuhan yg jadiin mimpi itu nyata apa gak,selama lw yakin Tuhan itu ada,selama itu juga lw akan terus hidup!
    Tetap semangat!!😀
    (btw,gw boleh jenguk lw gak kpn2?)
    klo ada sumur di ladang boleh qt menumpang mandi,kalo ada umur panjang,boleh gak qt numpang mandi lagi?? (ngarepp) :p

    • makasih Savino.Febrian@rocketmail.com
      Rasa empati mu akan ku sampaikan ke teman kita yang telah menulis yang mengalami kisah kita…. semoga kita bisa ketemuan di sumur… hehehhehehehheehehe…cowok tulen?? masih ada yah?? kapan aja lo mau jenguk pasti bisa, kami terbuka untuk orang yang berniat baik … terimah kasih telah berkunjung ke blok, moga ketemu di sumur, biar bisa mandi bareng..
      salam

Tinggalkan Balasan

