PENERAPAN MANAJEMEN KASUS

APA    dan   Mengapa   Case  Management?

  • Pengertian, konsep, dan  kerangka kerja  case management secara holistic.
Case  Management: 

Sebuah  metode pendekatan secara individu yang menjelaskan setiap akses pemberian pelayanan yang ditujukan  agar “seseorang”  dengan permasalahan kompleks dapat memperoleh akses pelayan yang dibutuhkan secara tepat.

Case Management juga merupakan sebuah peta yang menuntut kita, memulai pelayanan dari konsep dasar pertama untuk  membantu individu secara holistik .

Kerangka Kerja Case  Management :

1.    Analisis Kebutuhan (assessment)

2.    Pembentukan  Relasi Bantuan

3.    Komunikasi Interpersonal dan Komunikasi  Kelompok kecil (KPP, Konseling, dll)

4.    Perencanaan strategi sesuai dgn kebutuhan seseorang

5.    Intervensi dgn seseorang

6.    Laporan kasus untuk monitoring kualitas

7.    Evaluasi  Dampak

8.    Merencanakan  Advokasi untuk Kesinambungan

  • Analisis Kebutuhan

a.Pahami permasalahan

b. Ketahui kelompok sasaran dan profil

c. Identifikasi kebutuhan

  • Pembentukan  Relasi Bantuan

a.    Penghargaan terhadap pribadi seseorang dan lingkungan

b.   Membangun hubungan personal dan lingkungan dengan ekspresi perasaan yang bertujuan (empati)

c.    Penerimaan

d.   Nonjudgement (sikap tidak menghakimi)

e.    Menghargai proses pilihan dan hasil keputusan individu

f.     Kerahasiaan

  • Komunikasi Interpersonal dan  Komunikasi  Kelompok kecil

Komunikasi untuk perubahan perilaku

Konseling dasar

Pemecahan masalah

  • Perencanaan strategi sesuai dgn kebutuhan seseorang

a.    Peran-peran  CM dalam pelaksanaan

b.   Mengidentifikasi  sistim akses kepada pelayanan holistic

  • Intervensi dgn seseorang

a.    Kelola berdasarkan perencanaan

b.   Bangun iklim jaringan yang positif dan focus pada perkembangan kebutuhan individu akan akses pelayanan

c.    Membuat laporan untuk monitoring hasil

d.   Tanggapi umpan balik dengan cepat dan tepat

  • Laporan  kasus untuk monitoring
  • Evaluasi dampak
  • Merencanakan   Advokasi untuk Kesinambungan

2 comments on “PENERAPAN MANAJEMEN KASUS

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s